SELAMAT DATANG DI KABUPATEN TABALONG

suara masyarakat daerah Tabalong utara

kabupaten Tabalong

Jumat, 03 Desember 2010

SITUS PURBA KALA DI GOA BATU BULEK
TAK DIPERHATIKAN PEMERINTAH
Jaro,warta banua.
Situs peradaban manusia purba yang hidup pada sekitar 800 tahun sebelum masehi yang berada di Goa Batu Bulek desa Randu kecamatan Muara Uya kabupaten Tabalong kalimantan selatan.

Keberadaan situs ini sendiri baru diketahui sekitar pada tahun 1999 saat di adakan penelitian balai arkeologi banjarmasin dan LSM langsat  tanjung dengan beberapa penemuan berupa posil-posil yang diyakini dan telah mendapat uji laboraturium arkeologi banjarmasin.

Pada sekitar sepekan yang lalu tim yang terdiri dari LSM LangsaT  dan beberapa anggota barisan Merah Putih kecamatan Jaro mengunjungi lokasi tersebut  untuk melihat dan mengunjungi seperti apa lokasi tersebut .

Sangat disayangkan situs yang sangat berharga dan mempunyai nilai sejarah sangat tinggi tersebut sangat tidak diperhatikan oleh pemerintah kabupaten Tabalong ,dari awal jalan masuk yang berjarak sekitar 1 km kondisinya sangat rusak parah oleh kendaraan – kendaraan pengangkut batu gunung yang di ambil dari kaki bukit di lokasi tersebut .

Selain itu batu-batuan dikaki bukit dimana ditemukan situs peradaban manusi purba itu sudah banyak yang diambil oleh warga sekitar untuk dijual sebagai bahan material bangunan keluar daerah.

Sebenarnya jarak tempuh dari kabupaten tabalong lokasi tersebut hanya memakan waktu sekitar  1 jam perjalanan,untuk menuju lokasi tersebut dapat dilakukan dengan kendaraan roda dua atau roda empat double gardan dengan dua alternatif jalan,pertama dapat melalui desa bangkar tembus kampung ayah dan desa lumbang tembus desa randu .( LK )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar