SELAMAT DATANG DI KABUPATEN TABALONG

suara masyarakat daerah Tabalong utara

kabupaten Tabalong

Jumat, 26 November 2010

DKR JARO DAN LSM LANGSAT LAKUKAN EXPEDISI
KE GUNUNG BATU BULEK
Jaro,-
Setelah sekian lama pakum dan seolah tertidur oleh buaian persoalan lain di wilayah utara kabupaten tabalong ini ,bahkan nyaris diam tak terdengar riaknya disektor pariwisata , pada Rabu 25 /11 kemarin LSM LangsaT berkerja sama dengan DKR jaro mengawali expedisi ke gunung batu bulek di desa Randu kecamatan Muara Uya kabupaten tabalong.

Expedisi ini Juga merupakan program pendampingan LSM langsat kepada generasi muda yang ada di Tabalong Utara, mengenalkan kepada DKR jaro bagaimana mengenalkan alam dan memanfaatkan potensi sekitar dengan baik dan benar tanpa harus merusak keindahan dan keasriannya.Agar kedepan tetap lestari dan tidak mudah dirusak oleh perbuatan-perbuatan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Kegiatan ini di ikuti oleh sekitar 32 peserta yang terdiri dari  26 anggota DKR Pramuka Jaro  ( SMKN 1,SMAN 1 Jaro dan SMKN dan SMAN Muara Uya ) dan 6 orang dari LSM LangsaT  Tanjung .

Materi kegiatan sendiri terdiri dari pengenalan alam luar goa dalam pemanfaatan potensi alam tanpa merusak lingkungan yang bernilai ekonomi serta bernilai seni.pada tahap masuk kedalam goa batu babi yang penuh nilai sejarah dan eksotik paling tinggi ini peserta dibawa pada suasana yang hening dan menegangkan untuk melihat dan membuat pendapat serta saran apa yang mesti dilakukan nanti kedepan kepada yang berkompeten.

Ternyata kepedulian siswa yang tergabung dalam DKR Pramuka ini cukup bagus dan antusias dengan banyaknya saran-saran yang disampaikan kepada pendamping .salah satunya kepedulian terhadap masyarakat sekitar yang memanfaatkan batu gunung dengan merusak alam di tempat tersebut  agar ini bisa di carikan jalan keluarnya untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan tidak merusak alam sekitar.

Masih banyak lagi saran-saran dan kritik kepada yang berkompeten untuk ditindak lanjuti dalam pengelolaan alam di sekitar gunung batu bulek desa Randu kec,Jaro..( LK )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar