SELAMAT DATANG DI KABUPATEN TABALONG

suara masyarakat daerah Tabalong utara

kabupaten Tabalong

Minggu, 21 November 2010

HARI PAHLAWAN

Momentum Hari Pahlawan, Tingkatkan Solidaritas Nasional

Tanjung,****Melalui pelaksanaan upacara yang digelar di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, rabu (10/11,)Hari Pahlawan Nasional tahun 2010 diperingati. Bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Bupati Tabalong, H. Muchlis SH dan diikuti oleh peserta dari kesatuan-kesatuan dari Kodim 1008/Tanjung, Kompi Senapan A Hikun, Polres Tabalong PNS lingkup Pemkab Tabalong serta pelajar dan mahasiswa.
Inspektur Upacara, Wakil Bupati Tabalong, H. Muchlis SH dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI. Disebutkan bahwa berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia mulai dari masalah kemiskinan,pengangguran, keterlantaran, sampai pada konflik di beberapa daerah, bencana alam dan masalah sosial lainnya tentunya memerlukan perhatian dan keseriusan bersama untuk menanggulanginya.
“Untuk itu melalui peringatan hari pahlawan tahun 2010 yang mengambil tema: “dengan semangat nilai kepahlawanan, kita tingkatkan kesetiakawanan sosial nasional” marilah kita mengimplementasikan semangat nilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan para pahlawan/pejuang dalam meraih dan mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia sesuai dengan kemampuan dan profesi kita masing-masing.”Ajak Wakil Bupati.
Wabup juga menjelaskan bahwa Semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan/pejuang seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, suka menolong dan sebagainya sebagaimana yang tercermin dalam pertempuran 10 november di surabaya, hendaknya dapat menggugah hati untuk berjuang bersama melawan berbagai persoalan yang melanda bangsa.
“Melalui momentum peringatan hari pahlawan, saya berharap rasa kesetiakawanan sosial sebagai anak bangsa dapat tumbuh dan berkembang yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai salah satu modal untuk menyelesaikan masalah bangsa.”Ujar Wabup.
Wabup merasa yakin, apabila seluruh elemen bangsa memiliki kesadaran untuk mengamalkan semangat nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, maka rasa kesetiakawanan sosial dengan sendirinya akan meningkat.
Lebih lanjut, sebagaimana diketahui rasa kesetiakawanan sosial saat ini sangatlah diperlukan, apalagi ketika mengalami musibah bencana alam seperti banjir, gunung meletus, tanah longsor dan sebagainya. Selain itu dengan adanya rasa kesetiakawanan sosial yang diwujudkan dengan saling menghargai, menghormati, tolong menolong, maka hendaknya tidak akan mudah terprovokasi untuk melakukan tindakan anarkis yang dapat mengganggu keutuhan negara kesatuan republik indonesia.
Kesetiakawanan sosial yang dilandasi semangat nilai kepahlawanan sesuai tema peringatan hari pahlawan 2010 kiranya juga dapat mempererat jalinan persatuan dan kesatuan bangsa untuk dapat menghadapi berbagai tantangan termasuk masalah kedaulatan negara.
“Untuk itu marilah melalui momentum peringatan hari pahlawan tahun 2010 ini, kita rapatkan barisan berjuang membangun negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, sehingga bangsa indonesia dapat menjadi bangsa bermartabat yang dapat berdiri sejajar dengan negara lain di dunia serta keutuhan negara kesatuan republik indonesia dapat terus terjaga.”Ajaknya.
Untuk lebih menggelorakan semangat nilai kepahlawanan, marilah kita selalu mengenang perjuangan pahlawan kusuma bangsa, sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang  yang telah mendharmabaktikan hidupnya demi kepentingan bangsa dan negara.
Selain itu dihimbau pula kepada lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan, dunia usaha dan lembaga pendidikan untuk melakukan dengan berbagai aktivitas yang diarahkan untuk mengenang, menghargai, dan menghormati jasa pahlawan, seraya berdo’a kiranya jasa pengabdian,perjuangan dan pengorbanan mereka mendapat imbalan yang berlipat ganda, serta arwahnya mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT.(lk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar